Kamis, 11 Februari 2016

Pembelajaran dari Harian Amanah :
SEPULUH TIPS AGAR JADI PEBISNIS MUDA YANG SUKSES
Banyak usaha besar dan mendunia dimulai sejak pendirinya duduk di bangku sekolah atau di Perguruan Tinggi. Contohnya; Microsoft dimulai dari kamar asrama Bill Gates di Harvard University; Google lahir dari lingkungan kampus Stanford sebagai tugas mahasiswa komputer Sergey Brin & Larry Page. Menjadi Milliyader seperti mereka mungkin masih jauh di awang-awang. Tetapi tidak salah jika bermimpi mendapatkan uang tambahan melalui bisnis kecil-kecilan. Nah, supaya tidak salah jalan dan mendulang sukses. Berikut ada 10 tips sukses buat anda yang belajar Prakarya dan Kewirausahaan.
1.       Lakukan apa yang kamu cintai.
Semua bisnis yang dilakoni wirausahawan muda memiliki satu faktor umum, pendirinya mencitai apa yang mereka kerjakan. Jadi, pilih ide usaha kecil yang berhubungan dengan minat dan kesukaan anda, apapun itu.
2.       Ketahui keinginan anda.
Apakah anda siap meninggalkan sekolah ketika bisnis berkembang pesat?
Atau apakah anda melihat bisnis ini hanya pekerjaan sampingan?
Kemampuan menjawab pertanyaan tersebut akan membantu dalam mengatur waktu dan perioritas.
3.       Radikal.
Anak muda memiliki pemikiran yang segar, orisinl, dan penuh energy. Jangan melakukan sesuatu yang belum pernah dilakukan siapapun. Mislanya membuat produk baru dengan merubah beberapa fator seperti servis dan cara pendistribusiannya.
4.       Tetap ikut aturan.
Menjadi pebisnis muda bukan berarti anda mengabaikan aturan yang berlaku. Jangan lupa untuk mendaftarka usaha, mencatat semua transaksi dengan baik, mengeluarkan zakat, dan membayar pajak. Mungkin aturan sederhana ini akan membuat anda tenang dan terhindar keruwetan administrative.
5.       Mengatur waktu.
Menjalankan bisnis sambil tetap kuliah itu susah dan penuh tekanan. Anda perlu memahami apa saja perlu dipenuhi untuk kedua peran yang dijalani, mahasiswa dan pebisnis. Kemudian gunakan metode paling efektif untk mengatur kegiatan usaha dan perkuliahan agar berjalan seimbang.
6.       Manfaatkan fasilitas kampus
Menjadi mahasiswa/siswa bukanlah suatu cacat dalam urusan bisnis. Sebaliknya bias mendatangkan keuntungan. Misalnya memanfaatkan jaringan internet gratis di kampus untuk mengelola bisnis online, merekrut pegawai dari kalangan teman-teman, atau meminta saran dosen/guru sebagai tenaga ahli dibidang mereka.
7.       Cari Mentor.
Jangan minder berkenalan dan berteman dengan pengusaha local atau pebisnis dengan pencapaian gemilang. Mereka bias menjadi mentor yang membantu anda memahami resiko dan tantanga dalam sebuah bisnis. Mereka juga dapat menjadi rekan bertukar ide hingga menfasilitasi anda dalam mendapatkan infestor.
8.       Online.
Jaringan internet memungkinkan kita terhubung dengan banyak orang dalam satu waktu. Manfaatkan internet unuk berhubungan dengan para pengusaha muda seperti anda. Mereka bias memberikan inspirasi, mengarahkan dan memotivasi.
9.       Berbuat baik ada diri sendiri.
Betapapun teratur dan antusiasnya diri anda, ada masanya semua yang dijalani terasa begitu melelahkan. Jangan takut menjauh sebentar dari semua kegiatan an lakukan apapun ang membuatmu rileks. Anda bias berolahraga, nongkrong dengan teman ataukah bersantai.
10.    Tahan Mental.
Jangan terlalu terpengaruh dengan kesuksesan orang lain. Sebab, mengatahui betapa suksesnya seseorang bias malah anda tidak percaya diri dan mengalami demotivasi dalam memulai sebuah usaha.

Taklukkan mental seperti ini dengan meningatkan diri sendiri, bukan mereka. Jadi. Lakukan apa yang bisa anda lakukan hari. (Harian Amanah Edisi 129; Rabu,10 Februari 2016; hal.13)

Tidak ada komentar: